URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI

  •  CAMAT

Kecamatan mempunyai tugas membantu Bupati untuk menangani sebagian urusan Otonomi Daerah dan juga menyelenggarakan tugas umum Pemerintahan. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, Kecamatan mempunyai fungsi;

  1. Penyelenggaraan urusan pemerintahan umum;
  2. Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  3. Pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  4. Pengkoordinasian penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati;
  5. Pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;
  6. Pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh perangkat daerah di tingkat  kecamatan;
  7. Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan kegiatan desa dan/atau kelurahan;
  8. Pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja Pemerintahan Daerah Kabupaten yang ada di kecamatan;
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diperintahkan oleh Peraturan Perundang-Undangan;
  10. Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait dan lembaga lainnya di Kecamatan;
  11. Pelayanan penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan;dan
  12. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Sekretaris

Sekretariat mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan, pembinaan dan pengendalian serta pelayanan terhadap Perencanaan, administrasi keuangan dan kepegawaian dalam menunjang tugas dan fungsi seluruh kesatuan organisasi di lingkungan Kecamatan. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5, Sekretariat Kecamatan mempunyai fungsi;

  1. Pengkoordinasian dan pelaksanaan penyusunan program dan kegiatan kecamatan;
  2. Pengelolaan administrasi perkantoran, administrasi keuangan dan administrasi kepegawaian;
  3. Penyelenggaraan urusan umum dan perlengkapan, keprotokolan dan hubungan masyarakat;
  4. Penyelenggaraan ketatalaksanaan, kearsipan, dan perpustakaan kecamatan;
  5. Pembinaan dan pengendalian administrasi pelayanan publik penyelenggaraan pemerintahan;
  6. Pelaksanaan koordinasi, pembinaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan unit kerja kecamatan;
  7. Pelaksanaan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh atasan, sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

  • Sub Bagian Keuangan

Mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan pengelolaan tata usaha keuangan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku;
  2. Memantau pelaksanaan anggaran rutin dan pembangunan (anggaran SKPD) serta anggaran subsidi dan mengevaluasinya;
  3. Menyusun dan menyampaikan laporan dan pertanggungjawaban keuangan sesuai ketentuan yang berlaku;
  4. Melaksanakan pengurusan gaji dan tunjangan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  5. Melaksanakan pengurusan pencairan uang dan melaksanakan kontrol keuangan secara periodik; dan
  6. Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana dan program kerja Sub Bagian sebagai pedoman melaksanakan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugas;
  3. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier;
  4. Mengkoordinasikan pelaksanaan urusan rumah tangga, persuratan dan perjalanan dinas pimpinan;
  5. Menyusun dan merencanakan pengadaan, mengelola data perlengkapan dan pemeliharaan barang;
  6. Menyusun laporan Sub Bagian sesuai dengan hasil yang dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
  7. Menyelenggarakan tata usaha penyiapan dan distribusi barang-barang inventaris dan peralatan lainnya;
  8. Menyusun dan melaksanakan rencana formasi, pengadaan penempatan, pemerataan pegawai;
  9. Menyusun dan melaksanakan usul pengangkatan, kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pemindahan,  pemberhentian dan pemensiunan, serta mutasi kepegawaian lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  10. Mempersiapkan usah peningkatan disiplin pegawai;dan
  11. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan/Desa

Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan/Desa mempunyai tugas membantu Camat dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan urusan pemberdayaan masyarakat Kelurahan/Desa. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan/Desa mempunyai fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan;
  2. Menyusun rencana kebutuhan Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan;
  3. Memberikan petunjuk dan membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya agar tugas dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien;
  4. Menghimpun dan menyebarluaskan informasi Peraturan Perundang-Undangan mengenai pemberdayaan   masyarakat Desa/Kelurahan;
  5. Membina administrasi Desa/Kelurahan mengenai pertanggungjawaban bantuan dari Pemerintah Pusat,    Pemerintah Provinsi dan Kabupaten;
  6. Melaksanakan penilaian terhadap Peraturan Desa, Keputusan Desa serta laporan keterangan pertanggung  jawaban  Kepala Desa yang disampaikan kepada Bupati;
  7. Melaksanakan pembinaan pelaksanaan penilaian Kepala Desa;
  8. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap Koperasi Unit Desa (KUD);
  9. Memfasilitasi usulan pembangunan dari Desa/Kelurahan;
  10. Mengevaluasi hasil kegiatan Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan;
  11. Mengevaluasi hasil kegiatan Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan sebagai bahan penyusunan   rencana kegiatan;
  12. Membuat konsep Naskah Dinas sesuai bidang tugasnya untuk ditandatangani Camat;dan
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

  • Seksi Kesejahteraan Sosial

Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas membantu Camat dalam menyiapkan Bahan Perumusan Kebijakan, Pelaksanaan, Evaluasi dan Pelaporan Urusan Kesejahteraan Sosial;  Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Seksi Kesjahteraan Sosial mempunyai fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan Seksi Kesejahteraan Sosial;
  2. Menyiapkan bahan dan data dalam rangka Pembinaan, Pengembangan di Bidang Kesejahteraan Sosial;
  3. Menyusun Data Penyandang Masalah Sosial dan Potensi Kesejahteraan Sosial;
  4. Menyiapkan bahan Pelaksanaan Bimbingan Teknis Di Bidang Kepemudaan Olahraga dan Kesenian;
  5. Memfasilitasi pemberian bantuan terhadap korban Bencana Alam;
  6. Mengevaluasi hasil kegiatan Seksi Kesejahteraan Sosial sebagai Bahan Penyusunan Rencana Kegiatan;dan
  7. Membuat konsep Naskah Dinas sesuai Bidang tugasnya untuk ditandatangani Camat;dan
  8. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Seksi Pemerintahan

Seksi Pemerintahan mempunyai tugas Membantu Camat dalam Menyiapkan Bahan Perumusan Kebijakan, Pelaksanaan, Evaluasi dan Pelaporan Urusan Pemerintahan. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi :

  1. Melaksanakan urusan Pemerintahan Umum;
  2. Menyiapkan bahan dan menyusun program teknis pembinaan pemerintahan Kelurahan/Desa, pembinaan keagrariaan, dan pembinaan kegiatan kependudukan;
  3. Menyiapkan bahan penyusunan program dalam rangka pembinaan sosial politik, pemilu, ideologi negara dan  kesatuan bangsa;
  4. Menyiapkan bahan guna penyusulan penetapan/perubahan ketetapan Pajak Bumi dan Bangunan;
  5. Menyiapkan bahan-bahan dalam rangka penyusulan pemekaran, penyatuan, dan penghapusan Kelurahan/Desa;
  6. Memberi pelayanan dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  7. Memberi pelayanan dalam Pembuatan Kartu Kelurga;
  8. Memberi pelayanan dalam pembuatan Surat Keterangan Mutasi penduduk;
  9. Melaksanakan pendataan terhadap penduduk;
  10. Membuat laporan kependudukan setiap bulan dan triwulan;
  11. Membuat konsep Naskah Dinas sesuai Bidang tugasnya untuk ditandatangani Camat;dan
  12. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya
  • Seksi Ketentraman dan Ketertiban

Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas membantu Camat dalam menyiapkan Bahan Perumusan Kebijakan, Pelaksanaan, Evaluasi dan Pelaporan Urusan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan/Desa. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam  Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai fungsi :

  1. Menyiapkan bahan penyusunan program pembinaan di Bidang Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat;
  2. Menyiapkan bahan pedoman dan petunjuk teknispembinaan ketentraman dan ketertiban di Bidang Sengketa Tanah, Permasalahan Bangunan dan Sengketa Lainnya;
  3. Menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka Pembinaan, Pengawasan dan Pelaksanaan Perizinan Di Wilayah Kecamatan;
  4. Melaksanakan penertiban pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan mengenai lingkungan dengan berkoordinasi kepada pihak Kepolisian Republik Indonesia dan atau Tentara Nasional Indonesia;
  5. Pelaksanaan pembinaan perlindungan masyarakat;
  6. Mengevaluasi hasil kegiatan seksi Pelayanan Umum, Kesejahteraan dan Ketertiban sebagai bahan penyusun rencana kegiatan;
  7. Membuat konsep naskah dinas sesuai bidang tugasnya untuk ditandatangani Camat;
  8. Melaksanakan kegiatan dalam rangka peningkatan dan pembinaan budaya disiplin;dan
  9. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya
  • Seksi Pelayanan Umum

Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas membantu camat dalam menyiapkan bahan perumusan Kebijakan, Pelaksanaan, Evaluasi dan Pelaporan Urusan Pelayanan Umum. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam  Seksi Pelayanan Umum mempunyai fungsi :

  1. Menyiapkan bahan penyusunan program pembinaan di Bidang Pelayanan Umum;
  2. Menyiapan bahan pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan Pemerintahan Kelurahan dan Desa Menyiapkan bahan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di  Kecamatan;
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan koordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah di Bidang Pelayanan Umum;
  4. Menyiapkan bahan pelaksanaan pemberian rekomendasi dan surat keterangan yang dibutuhkan masyarakat;
  5. Menyiapkan bahan pelaksanaan Pengawasan, Evaluasi dan Pelaporan Pelaksanaan Kegiatan Seksi Pelayanan Umum;
  6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.